Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1 SMPN 7 Kubung dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

  • September 26, 2016
  • Abstract Views: 179
  • Downloads: 0
  • Page:
Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keaktifan siswa dalam belajar matematika di kelas VII.1 SMPN 7 Kubung. Selain itu, rendahnya aktivitas belajar siswa juga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VII.1 SMPN 7 Kubung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, yang meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa VII.1 SMPN 7 Kubung yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar yang dianalisis dengan statistik deskriptif, yaitu mencari persentase peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertaif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VII.1 SMPN 7 Kubung.   

Full Text:

References

Daharnis, D., & Ardi, Z. (2016). The Compatibility Student Choice of University Majoring; A Preliminary Studies. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(1), 101-109.

Depdiknas. 2003. http://teknologipendidikan.wordpress.com. Diakses tanggal 28 Maret 2011.

Hidayat. 2004. Diktat Kuliah Teori Pembelajaran Matematika. Semarang:FMIPA UNNES.

Slavin, E Robert. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung : Nusa Media.

Suhito. 2000. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: UNES

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yanti, S., Erlamsyah, E., Zikra, Z., & Ardi, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1).

Restu, Y., Yusri, Y., & Ardi, Z. (2013). Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa di Sekolah. Konselor, 2(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.