Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Indrawati Indrawati

Abstract


Penelitian ini berawal dari perlunya dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Model kooperatif tipe STAD menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui tujuh tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, mengerjakan tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Saran yang diberikan dalam penelitian ini agar guru dapat memperhatikan setiap langkah yang dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas . 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurasma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Nurasma. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Konstektual (Constextual Teaching and Learning/ CTL ) Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.

Wina Sanjaya. 2008. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.