Peningkatan Hasil Belajar Matemtika Soal Bercerita Melalui Media Komik Pada Siswa Kelas III SDN 05 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Nismaida Nismaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya menyelesaikan soal cerita tentang luas persegi dan persegi panjang melalui media komik. Media komik adalah suatu alat bacaan, menggunakan gambar kartun yang mengungkapkan suatu cerita dalam urutan yang erat dengan tujuan menarik perhatian siswa dalam memahami suatu informasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 05 Batang Anai dengan jumlah siswanya 30 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 16 orang. Pembelajaran menyelesaikan soal cerita tentang luas persegi dan persegi panjang melalui media komik memiliki langkah-langkah sebagai berikut yaitu: 1) Membaca soal cerita dan memikirkan hubungan antara bilangan-bilangan yang ada dalam soal cerita tersebut, 2) Menulis kalimat matematika yang menyatakan hubungan dalam operasi bilangan, 3) Menyelesaikan kalimat matematika, dan 4) Menggunakan penyelesaian untuk menjawab pertanyaan dalam soal.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat menggunakan media komik dalam menyelesaikan soal cerita matematika.


Full Text:

PDF

References


Arief S. Sardiman, dkk. 2008. Media Pendidikan.Jakarta : PT. Rajagarfindo Persada

Budhi Setyono. 2006. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pokok Bahasan Pengukuran dengan metode problem Solving. Tersedia dalam Http://www.judulskripsi.com. Online// (diakses 5 April 2009)

BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Faurocman. 2008. Rumus Lengkap Matematika. Jakarta : PT. wahyu Media

Sumiati, dkk. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.

Sri Subariah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas

Syaiful Hadi. 2009. Pembelajaran Konsep Pecahan Menggunakan Media Komik. Tersedia dalam http://www.com. Online//.(diakses 5 April 2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.