Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn dengan Model Arias di SD Negeri 18 Batang Anai

Nurbayenti Nurbayenti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN cenderung menurun. Tujuan penelitian ini adalah Peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V menggunakan model ARIAS di SD Negeri 18 Batang Anai. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 18 Batang Anai, yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase aktivitas belajar siswa melakukan diskusi pada sikus sebesar I 71,42% meningkat menjadi sebesar 90,47 % pada siklus II, Persentase aktivitas belajar siswa menjawab pertanyaan pada sikus sebesar I sebesar 47,61% meningkat menjadi sebesar 80,95% pada siklus II, Persentase aktivitas belajar siswa menulis laporan hasil diskusi pada sikus sebesar I sebesar 40,47% meningkat menjadi sebesar  95,23% pada siklus II, Hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas belajar sebesar 52,38% meningkat pada siklus II sebesar 90,47%. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran model ini mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sehingga adanya keselarasan antara aktvitas siswa dan guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran AIRAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VSDN 18 Batang Anai.


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamil, Krisna Wati. 2012. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran ARIAS Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. Padang. Universitas Bung Hatta.

Labschool Jakarta (http://wijayalabs.wordpress.com/2008/04/22/model-model-pembelajaran/) diakses pada 08 Mei 2013

Pebriyenni. 2009. Pembelajaran IPS II (Kelas Tinggi). Padang: Prodi PGSD FKIP Universitas Bung Hatta Kerjasama dengan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Karisma Putra Utama.

Umroh, Siti Mahmudah. 2013. Efektifitas Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas X MA Miftahussalam Demak Tahun Ajaran 2012/2013 pada Materi Pokok Stoikiometri. Thesis. IAIN Wali Songo.

Yusrizal. 2010. Bahan Ajar Pembelajaran PKn SD Kelas Tinggi. Padang: Bung Hatta University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.