Peran Konselor dalam Membantu Pengentasan Malas Belajar Siswa

Kamil Pardomuan Hts(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

DOI : https://doi.org/10.29210/3003209000

Full Text:    Language : 

Abstract


Malas adalah perilaku yang hampir semua orang miliki. Rasa malas juga sangat banyak ditemui di kalangan para siswa. Sebagai penerus bangsa, para siswa seharusnya lebih giat lagi mencari ilmu, tidak hanya di sekolah, ilmu bisa dicari di mana saja dan kapan saja. Siswa seharusnya mau menghilangkan kebiasaan malasnya. Karena kemalasan dapat menyebabkan kerugian. Misalnya jika seorang siswa malas belajar, maka tidak akan ada ilmu yang dia dapatkan. Sebaliknya, jika siswa tekun dalam belajar dan mampu menghilangkan kemalasannya, maka siswa tersebut akan memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Dalam kenyataannya, banyak siswa yang tidak perduli terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah. Mereka datang ke sekolah dengan tujuan mencari ilmu, tapi hanya sedikit ilmu yang mereka dapatkan. Hal ini disebabkan karena para siswa malas dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Bermacam-macam tingkah yang mereka lakukan di kelas, seperti tidur saat belajar, mengganggu teman, dan kegiatan lain yang tidak penting untuk mereka lakukan. Dampaknya bagi para siswa nantinya jika mereka malas mengikuti kegiatan pembelajaran adalah seperti rendahnya nilai ulangan atau ujian, tidak naik kelas, dan sebagainya. Dengan melihat kondisi yang sudah dipaparkan tersebut saya merasa prihatin. Oleh karena itu saya merasa terdorong untuk menyusun karya tulis ini dengan judul “Peran Konselor dalam Membantu Pengentasan Malas Belajar Siswa”. Hal-hal yang akan saya saya bahas pada makalah ini adalah pengertian malas belajar, cirri-ciri siswa yang malas belajar, penyebab siswa malas dalam belajar, dampak yang timbul akibat malas belajar, dan peran konselor dalam membantu mengatasi kemalasan siswa. Karya ilmiah ini saya susun dengan harapan semoga mahasiswa BK sebagai calon Konselor dapat membantu mengentaskan malas belajar pada siswa, baik pada jenjang SD, SLTP, maupun SLTA

References


Abu Ahmadi dan Ahmad Rohani. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Andresta Setya. 2009. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII Semester I SMP Islam Hidayatullah Semarang”. http://lib.unnes.ac.id/5046/1/5636.pdf.

Ardi, Zadrian, Frischa Meivilona Yendi, and Ifdil Ifdil. 2013. “Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 1 (1): 1–5.

Arintoko. 2011. Wawancara konseling di sekolah. Yogyakarta: Andi.

Fenti Hikmawati. 2012. Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Heryanto Sutedja. 1995. Mengapa Anak Anda Malas Belajar?. Jakarta: Gramedia.

Inayah, Ridaul. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Insan Mandiri 2 (1).

Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riska Ahmad. 2013. Dasar-dasar Bimbingan & Konseling. Padang: UNP Press.

Solina, Wira. n.d. “Erlamsyah., Dan Syahniar. 2013. Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Konseling 1 (2): 289–94.

Solina, Wira, Erlamsyah Erlamsyah, and Syahniar Syahniar. 2013. “HUBUNGAN ANTARA PERLAKUAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DISEKOLAH.” Konselor 2 (1).

Sutedja, Heryanto, Abdul Hakim Alang Hassan, and Mohd. Shariff Mat Saad. 1991. Mengapa Anak Anda Malas Belajar. S. Abdul Majeed.

Thursan Hakim. 2005. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.

Pratistya, Nor Aini. 2012. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011.” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Wasty Soemanto. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 272 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)