Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru

  • December 6, 2018
  • Abstract Views: 75
  • Downloads: 0
  • Page: 82-87
Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, pelaksanaan, tindak lanjut dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 14 orang guru. Data dianalisis dengan cara mereduksi, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru belum menunjukkan kinerja sebagai seorang guru yang profesional.

Full Text:

References

Danim, S. dan Khairi., 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Idris, J., 2007. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah. Imron, A., 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E., 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati, AR., 2008. Manajemen Stratejik (Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Satori, D. dan Aan Komariah., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Wahjosumidjo, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.