Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru

Sukarmen Sukarmen(1*),

(1) SDN 17 Batu Kunit Kecamatan IV Jurai
(*) Corresponding Author




Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, pelaksanaan, tindak lanjut dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 14 orang guru. Data dianalisis dengan cara mereduksi, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru belum menunjukkan kinerja sebagai seorang guru yang profesional.


References

Danim, S. dan Khairi., 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Idris, J., 2007. Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah. Imron, A., 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E., 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati, AR., 2008. Manajemen Stratejik (Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Satori, D. dan Aan Komariah., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Wahjosumidjo, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 15 times
PDF : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.