Peningkatan keterampilan membaca memindai melalui strategi the power of two pada siswa

Eti Sunarsih(1), Masweni Masweni(2), Fitri Fitri(3),
(1) Sekolah Tinggi Keguruannn dan Ilmu Pendidikan Singkawang, Kalimantan  Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Keguruannn dan Ilmu Pendidikan Singkawang, Kalimantan  Indonesia
(3) Sekolah Tinggi Keguruannn dan Ilmu Pendidikan Singkawang, Kalimantan  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Mas weni

DOI : https://doi.org/10.29210/1202221474

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar rendahnya keterampilan siswa dalam kegiatan membaca. Hal tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang masih dalam pembelajaran membaca dan siswa juga kesulitan dalam memahami materi dikarenakan metode yang digunakan guru masih konvensional. Penelitian ini difokuskan pada materi Membaca Memindai MelaluiStrategi The Power Of Two. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari kegiatan pembelajaran Membaca Memindai MelaluiStrategi The Power Of Two. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Rancangan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dari hasil kegiatan pembelajaran. Perencanaan pada siklus 1 persentasenya mencapai 58,34% sedangkan pada siklus 2 meningkat lebih baik dari pada siklus 1 dan berlangsung dengan persentase 93,34%. Pelaksanaan pada siklus 1 persentasenya mencapai 57,36% sedangkan pada siklus 2 meningkat lebih baik dari pada siklus 1 dan berlangsung dengan persentase 69,85%%. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan agar guru khususnya guru bahasa Indonesia menggunakan model kooperatif tipe The Power Of Twountuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca teks drama.


References


Hidayah, Rahmawati. 2012 “Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Membaca Preview, Read, Review (P2R) dan Pembelajara Aktif The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SDIT AL HASNA Tahun Pelajaran 2012/2013.

Nurjanah. 2016 “Peningkatan PembelajaranMembaca Memindai Melalui Model PembelajaranKooperatifTipePair CheckPadaSiswaKelas VIII MTS MasdarulUlumOganHilirTahunAjaran 2016”

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zuldafrial. 2009. Pendekatan Penelitian dan teknik penulisan karya ilmiah. Pontianak: Pustaka Abuya.

Zuldafrial dan Lahir.M. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mas weni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.