Pengaruh Implementasi Konseling Behavior Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas VII SMP Santo Yoseph Medan

Rugun Gabriella Br Tambunan(1), Rugun Gabriella Br Tambunan(2),
(1) UNDIKSHA  Indonesia
(2) Undiksha  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Rugun Gabriella Br Tambunan, Rugun Gabriella Br Tambunan

DOI : https://doi.org/10.29210/1202323118

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling Behavior dengan Taknik Self-Management untuk mengatasi perilaku membolos peserta didik kelas VII Smp Santo Yoseph Medan . Lokasi penelitian dilakukan SMP Santo Yoseph Medan .kelas VII sejumlah 6 peserta didik di SMP Santo Yoseph Medan.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggu-nakan angket perilaku membolos .Teknik analisis data menggunakan analisis statistic parametric yaitu dengan menggunakan uji PairedSample T-Test dengan bantuan program SPSS for windowsvers16.00.Metode penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individual melalui pendekatan behavioral dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku siswa membolos.Dalam penelitian ini berfokus pada keefektifan layanan konseling Behavioral dengan teknik Self Management untuk mengatasi Perilaku Membolos peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket .

Dalam penelitian ini yang digunakan adalah Eksperimental Design.karena masih terdapat variabel dependen,jadi hasil eksperimen yang merupakan variabel dependen itu semata-mata dipengaruhi oleh variabel independen, hal ini terjadi karena tidak adanya variabel control , dan sampel tidak dipilih secara random .


Keywords


Pendidikan

References


Abc, I. P. S., Pulau, P., & Abc, X. (2019). STUDI TENTANG PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA.

Ahmad, A. (2019). Pengendalian Perilaku Membolos Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Behavioristik. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.26

Alvian, A., & Sinthia, R. (2020). Konseling Individu Pendekatan Behavioral Terhadap Perilaku Membolos Siswa SMP N 22 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 38–45.

Aryati, F. N. (2015). Identifikasi faktor penyebab perilaku membolos dan alternatif pemecahannya pada siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(4), 1–12.

Aziz, R. (2020). Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Melalui Konseling Individual Dengan Menggunakan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rugun Gabriella Br Tambunan, Rugun Gabriella Br Tambunan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.