Pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam (PAI) berbasis kontekstual untuk meningkatkan capaian hasil belajar

  • September 9, 2023
  • Abstract Views: 0
  • Downloads: 0
  • Page: 792-803
Corresponding Author

Abstract

Penelitian pengembangan ini dipilih karena setelah dicermati tidak tersediannya bahan ajar pendamping di sekolah tersebut. Dalam penerapan pembelajaran PAI keterampilan dalam sholat. Guru seharusnya dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan perhatian dan memanfaatkan bahan-bahan ajar yang kreatif, inovatif, serta variatif. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Metode penelitian dan pengembangan ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan modul berbasis kontekstual ini tentunya dilakukan dengan beberapa cara yakni melalui pendekatan ADDIE yaitu melakukan tindakan (analisis) yang mana terdiri atas dua tahap yakni analisis kinerja dan analisis kebutuhan ,kemudian melakukan tahapan desaian yaitu di rancang dan diproduksi dengan menyiapkan skenario modul kontekstual dan memperhatikan apa topik pembelajaran yang akan diantarkan melalui kontekstual. Implikasi pengembangan bahan ajar dalam PAI diharapkan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir secara cermat, kritis, logis dan sistematis. Juga mendapatkan pemahaman yang bisa bertahan lebih lama dan mudah diingat oleh peserta didik, sebab bisa memahami sekaligus bisa diterapkan. Kemudian peserta didik menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar di kehidupan nyata dan meningkatkan kreativitas pendidik dan peserta didik dalam hal pembelajaran PAI.

Full Text:

References

Ananda, Rusydi. 2019. Desain Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Andi Prastowo. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Jakarta: KENCANA.

Aprilia Riyana Putri. 2017. “No TitleIslamic University of Nahdlatul Ulama Jepara. Pengembangan Materi Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Paud Pelangi Guyangan.” Endulingue Volume 4.

Ayatullah. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara.” Pendidikan Dan Sains Volume 2.

Badseba Tiwery. 2019. Kekuatan Dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran Hots. Malang: Media Nusa Creative.

Budhi, Bayu Hatmokomukti Wiyono dan Widodo. 2018. “Pengaruh metode pembelajaran ctl terhadap hasil belajar ipa siswa kelas viii ditinjau dari kemampuan berkomunikasi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 5,.

Dkk, Nasaruddin. 2022. Pengembangan Bahan Ajar. Padang: PT Global eksekutif teknologi Redaksi.

Geni, Komang Hendra Yoga Wijaya. 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran InteraktifBerpendekatan CTLPada Pembelajaran Tematik.” Jurnal EDUTECH Vol. 8No.

Indrianto, Nino. 2020. Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Ishaac, Muhammad. 2020. “Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Guepedia.

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Larasati, Sri. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademika.

Madio, Amellia Femisha dan Sukanto Sukandar. 2021. “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran CTL Dan BBL.” Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No.

Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH.

Muh Husyain Rifa’I, Dkk. 2022. Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Motivatif. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Nugraha, Dahwadin &. Farhan Sifa. 2019. Motivasi Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mangku Bumi.

Paskalia Yasinta, Etriana Meirista. 2020. “Studi literatur: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning.” Jurnal Pendidikan Volume 2 N.

Prastiyo, Fendika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Sepanjang 2. Surakarta: CV KEKATA GROUP.

Priyatna, Surya Eka. 2020. Analisis Statistik Sosial Rangkaian Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rahmawati, Tutut. 2018. “Penerapan model pembelajaran ctl untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Volume 2 N.

Rusdi, M. 2018. Penelitian Desaian Dan Pengembangan Kependidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Saronom Silaban, dan Neeta Sri Debora Simangunsong. 2015. “Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid.” Jurnal Pendidikan Volume 7 N.

Sihono, Teguh. 2004. “Contextual teaching and learning (ctl) sebagai model pembelajaran ekonomi dalam KBK.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan Volume 1,.

Suaedy, Ahmad. 2022. “Mobilising muslim organisations amid the pandemic in indonesia: A Case Study of NU, Muhammadiyah, and GUSDURian Network.” Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman Volume 17,.

Suharyat, Yayat. 2022. Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. Jawa Tengah: Tim Lakeisha.

Tasrif. 2021. Pendidikan Keguruan Landasan Kerja Guru Milenial. Jakarta: Kencana.

Yayan Alpian dan Aang Solahudin Anwar, Puspawati. 2019. “Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap motivasi belajar siswa.” Jurnal Basicedu Volume 3 n.

Zen, Syafril &. Zelhendri. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Cimanggis: KENCANA.

Zulaiha, Siti. 2016. “Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI.” Jurnal Pendidikan Islam 1,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.