The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Degradasi karakter saat ini menjadi masalah yang begitu penting di perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan setiap tahunnya terjadi kemundaran moral terutama bagi mahasiswa tahun pertama. Karakter atau moral mahasiswa tahun pertama ini biasanya bawaan dari sekolah asal. Untuk itu dosen di perguruan tinggi perlu memikirkan suatu cara atau inovasi, yang dimana tujuannya untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dikalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai evaluasi pembelajaran mengenai karakter mahasiswa tahun pertama di jurusan Kepelatihan Olahraga. Jenis penelitin merupakan penelitian kualitatif yang diuraikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 Maret - 30 April 2019. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Proses pengumpulan data dalam penelitian lebih banyak bersifat uraian dari hasil observasi, wawancara, diskusi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter perlu ditingkatkan didalam proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi hal ini sebagai upaya meningkatkan moral mahasiswa. Pentingnya penerapan pendidikan karakter di Perguruan Tinggi bertujuan mendorong kebiasaan dan mahasiswa memiliki ahlak maupun prilkau yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religious.


Keywords


pendidikan karakter cerdas, atletik dasar