The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas kolaborasi/kerjasama yang dilakukan oleh guru BK/konselor dengan orangtua. Permasalahannya sekarang adalah pelaksanaan kolaboratif/kerjasama  dengan orang tua yang disusun dan terprogram dengan baik bukanlah menjadi bagian yang penting dalam pelaksanaan keseluruhan layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK/konselor di sekolah. Untuk itu diperlukan pengukuran sejauh mana kompetensi bimbingan karir kolaboratif guru BK/konselor di SMA Negeri Kota Payakumbuh. Sampel dari penelitian ini adalah guru BK/konselor SMA Negeri di kota Payakumbuh yang berjumlah 19 orang yang diambil dengan metode purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan inventori kompetensi bimbingan karir kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi bimbingan karir kolaboratif guru BK/konselor SMA Negeri di Kota Payakumbuh berada dalam kategori sedang. Pembahasan dan rekomendasi penelitian di bahas lebih lanjut.