The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar passing bawah bola voli  melalui permainan bola berantai pada siswa kelas IV UPT SDN 12 Sungai Liku Kec. Ranah Pesisir. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 12 Sungai Liku Kec. Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, dengan subjek yang digunakan dalam penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV dengan jumlah 24 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan pada : siklus I hasil belajar siswa dalam melakukan pembelajaran passing bawah adalah sebagai berikut: Siswa yang telah mencapai KKM adalah 18 siswa dan yang belum tuntas adalah 6 siswa sehingga keberhasilan pada siklus I adalah yang tuntas 75 % dan yang belum tuntas adalah 25%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II adalah sebagai berikut: Siswa yang telah mencapai KKM adalah 21 siswa dan yang di bawah KKM adalah 3 siswa, sehingga keberhasilan pada siklus II adalah 87,5% dan siswa yang belum tuntas 12,5%. Dari siklus I yang prosentase ketuntasannya hanya 75 % menjadi 87,5% berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 12,5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah berhasil karena siswa yang tuntas telah melebihi 85,00% dari jumlah siswa.