Hubungan pemenuhan capaian pembelajaran, peran dosen terhadap peningkatan hardskill dan softskill mahasiswa

Riyan Sisiawan Putra(1), Rizki Amalia(2), Umdatus Soleha(3), Khamida Khamida(4), Sri Hartatik(5), Endang Sulistiyani(6), Hidayatul Khusna(7),
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia
(4) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia
(5) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia
(6) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia
(7) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/020221600

Full Text:    Language : en

Abstract


Merdeka belajar merupakan tuntutan pada saat ini oleh sebab itu perlu di persiapkan perangkat dalam mendukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan capaian pembelajaran lulusan dan peran dari dosen itu sendiri dalam meningkatkan kemampuan Hardskill dan Softskill mahasiswa. Hardskill merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan sedangkan Softskill merupakan kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Metodelogi dalam penelitian ini menggunakan Diskriptif Kuantitatif dimana menganalisa dari hasil surve yang dilakukan, populasi dalam penelitian ini sebanyak 219 orang dan menjadikan 219 orang tersebut menjadi sampel. Hasil dari penelitian ini adalah CPL dan Peran Dosen sangat berperan penting dalam peningkatan Softskill dan Hardskill dari mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Keywords


Capaian Pembelajaran Lulusan, Peran Dosen, Hardskill, Softskill

References


Abdillah, A. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Hard Skill Melalui Program Double Track Pada Peserta Didik Di Sman 1 Kalidawir Tulungagung.

Anwar, S. S. (2021). Kurikulum Pendidikan Islam Nonformal:(Aqidah, Ilmu al-Qur’an, Ilmu Hadits, Ushul Fiqih, Praktik Ushul Fiqih). Yayasan Do’a Para Wali.

Dewi, M., & Azmi, S. R. M. (2018). Efektifitas pembelajaran kalkulus menggunakan software autograph dan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap mahasiswa. Seminar Nasional Royal (SENAR), 1(1), 637–642.

Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Higher of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79–86.

Erlangga, H. (2018). Spirit Pengembangan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(2), 102–127.

Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., Kurniawan, M. A., Mardiana, N., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.

Nurlaeli, A. (2020). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(02).

Prayitno, G., & Subagiyo, A. (2018). Membangun Desa: Merencanakan Desa dengan Pendekatan Partisipatif dan Berkelanjutan. Universitas Brawijaya Press.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Siagian, B. A., & Siregar, G. N. S. (2018). Analisis penerapan kurikulum berbasis kkni di Universitas Negeri Medan. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 327–342.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(08), 152–167.

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.