Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tindakan pendidikan gizi pada siswa

  • January 26, 2023
  • Abstract Views: 0
  • Downloads: 0
  • Page: 737-742
Corresponding Author

Abstract

Membangun pengetahuan dan pendidikan terhadap gizi pada usia remaja sama halnya dengan usia dini dimana sangat penting dimaksimalkan, karena perilaku pola makan di masa kanak-kanak hingga dewasa. Tujuan: Tinjauan sistematis ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang terkait dengan keberhasilan pendidikan gizi yang dilakukan pada siswa dengan usia menuju remaja dengan menganalisa berdasarkan jurnal yang diterbitkan antara tahun 2017 dan 2022. Sumber Data studi yang relevan diidentifikasi melalui database Crossref, Google Scholar Garuda, dan Sinta (Pusat Informasi Sumber Daya Pendidikan). Seleksi Studi: Studi yang diterbitkan dalam bahasa Inggris/Indonesia antara 2017 dan 2022 yang mencakup intervensi pendidikan gizi pada siswa usia 9 hingga 19 tahun. Tinjau artikel, abstrak, studi kualitatif atau cross-sectional, dan studi yang menargetkan anak-anak dengan kebutuhan gizi khusus akan dikeluarkan. Ekstraksi Data:  penulis menyaring dan menentukan kualitas studi menggunakan sistem GRADE (Grading of Recommendations Assessment, Development, and Evaluation) dan mengekstraksi data dari artikel. Dengan analisis data sepuluh studi dengan spesifikasi objek yang diteliti adalah siswa dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga siswa sekolah menengah atas yang diberikan pendidikan atau tindakan pemberitahuan terhadap pengetahuan gizi kepada objek yang ditargetkan.

Full Text:

References

Agnesia, D. (2020). Peran pendidikan gizi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada remaja di SMA YASMU Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Academics In Action Journal of Community Empowerment, 1(2), 64-76.

Anugrah, R. M., Wening, D. K., & Anisya, Y. F. The Effect of Nutritional Education Through Ladder Snake Game on Nutritional Knowledge of Adolescent.

A’ini, Z. F., & Alfy, Z. R. (2020, July). Hubungan Pendidikan Gizi Keluarga Dengan Status Gizi Mahasiswa di Universitas Indraprasta PGRI. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).

Farida, F., Sari, H. P., Sulistyaning, A. R., & Zaki, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Sikap, Asupan Zat Gizi Makro, dan Air pada Anggota Pramuka. Nutri-Sains: Jurnal Gizi, Pangan dan Aplikasinya, 3(2), 60-72.

Fathonah, S., Cahyono, E., Sarwi, S., Wusqo, I. U., Hanifah, N., & Agustin, L. R. (2020). Pengaruh Literasi Kesehatan dan Literasi Gizi Terhadap Status Gizi Mahasiswa Unnes. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 1063-1070).

Femyliati, R., & Kurniasari, R. (2021). Pemanfaatan Media Kreatif Untuk Edukasi Gizi Pada Remaja (Literature Review). HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 16-22.

Kurniasih, D., Hilmansyah, H., Astuti, M. P., & Imam, S. (2010). Sehat dan bugar berkat gizi seimbang. Jakarta: Kompas Gramedia, 934.

Maisyarah, M., Salman, S., Sianturi, E., Widodo, D., Djuwadi, G., Simanjuntak, R. R., ... & Argaheni, N. B. (2021). Dasar Media Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Marfuah, D., & Kusudaryati, D. P. D. (2016). Efektifitas edukasi gizi terhadap perbaikan asupan zat besi pada remaja putri. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 5-9.

Pakhri, A., Sukmawati, S., & Nurhasanah, N. (2018). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi dan Asupan Energi, Protein dan Besi Pada Remaja. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 13(1), 39-43.

Priawantiputri, W., Rahmat, M., & Purnawan, A. I. (2019). Efektivitas Pendidikan Gizi dengan Media Kartu Edukasi Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, 10(3), 374-381.

Puspareni, L. D., & Wardhani, S. (2022). Pendidikan Gizi tentang Pola Makan untuk Mencegah Dispepsia pada Remaja. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 3(1), 56-61.

Rahmiati, B. F., Naktiany, W. C., & Ardian, J. (2019). Efektivitas Intervensi Pendidikan Gizi Pada Program Suplementasi Besi Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3(2), 47-51.

Silalahi, V., Putri, R. M., & Ariani, N. L. (2018). Peranan Pendidikan gizi pada guru dalam meningkatkan asupan sayur dan buah anak sekolah. J. Ilm. Ilmu Kesehat, 6, 253-266.

Supariasa, I. (2012). Pendidikan & Konsultasi Gizi. EGC.

Syawitri, W. A., & Sefrina, L. R. (2022). Pengaruh Media, Pendidikan Gizi, dan Lingkungan Sebagai Penunjang Kesadaran Dalam Pemilihan Makanan. Journal of Nutrition College, 11(3), 197-203.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Usmaran, M. A., Mulyo, G. P. E., Hastuti, W., Hapsari, A. I., & Kaffah, Z. S. (2019). Media Kalender dan Leaflet dalam Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Makan Remaja Overweight. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(1), 76-87.

Waluyo, D., Hidayanty, H., & Seweng, A. (2018). Pengaruh Pendidikan Gizi Anemia Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pada Anak Remaja SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 1(3).

Yulianasari, P., Nugraheni, S. A., & Kartini, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Booklet Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Terkait Pencegahan Kekurangan Energi Kronis (Studi Pada Remaja Putri SMA Kelas XI di SMA Negeri 14 dan SMA Negeri 15 Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 7(4), 420-428.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.