Implikasi Perilaku Kepemimpinan terhadap Kinerja Layanan Bidang Akademik Staf di Universitas Negeri Padang

  • July 30, 2021
  • Abstract Views: 0
  • Downloads: 0
  • Page: 239-243
Corresponding Author

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang  menghasilkan tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan. Pelayanan akademik secara kualitas maupun kuantitas yang diberikan oleh staf administrasi pada saat ini masih belum cukup optimal. Keadaan tersebut memperlihatkan bahwa kinerja layanan akademik oleh tenaga kependidikan di UNP belum memberi kepuasan yang maksimal kepada penerima layanan. Fenomena yang ada mengindikasikan bahwa kinerja staf administrasi UNP belum cukup optimal yang diduga terpengaruh oleh perilaku kepemimpinan. Maka dari itu, penelitian ini menelaah apakah perilaku kepemimpinan berpengaruh kepada hasil kinerja layanan akademik di UNP. Penelitian ini menggunakan metode Explanatory Survey, yaitu melalui teknik pengumpulan data dengan angket yang diperoleh dari 55 staf administrasi UNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja layanan akademik di UNP secara signifikan terpengaruh oleh perilaku kepemimpinan. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan terdapatnya respon dari staf terhadap perilaku kepemimpinan oleh pimpinan UNP, yang berimplikasi terhadap kinerja para staf pada pemberian layanan bidang akademik.

Full Text:

References

Amirudin. (2017). Peranan Manajemen Perguruan Tinggi dan Implementasinya di Fakultas Agama Islam (FAI) UNSIKA. Passion of the Islamic Studies Center.

Amirullah. (2015). Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Efendi, N. (2017). Islamic Educational Leadership. Yogyakarta: Kalimedia.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474

Nimran, U., & Amirullah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perilaku Konsumen. Malang: Sinar Akademi Malang.

Sarwono, J. (2011). Mengenal Path Analysis: Sejarah, Pengertian dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 11(2), 285–296.

Wahab, A. A. (2008). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.