Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 22 Padang

Meilina Wulanda Dwi Putri(1), Mursyid Ridha(2), Zikra Zikra(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)

DOI : https://doi.org/10.29210/02215jpgi0005

Full Text:    Language : 

Abstract


Dukungan sosial orangtua dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Siswa dituntut mampu meningkatkan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran agar mendapatkan hasil memuaskan. Namun kenyataannya masih ada siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) dukungan sosial orangtua, (2) kepercayaan diri siswa, dan (3) menguji hubungan dukungan sosial orangtua dengan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini kelas VII & VIII di SMP Negeri 22 Padang sebanyak 515 siswa dan sampel sebanyak 225 siswa dengan Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 20. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial orangtua berada pada kategori sangat tinggi, (2) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kepercayaan diri siswa dengan koefisien korelasi 0,649 dan taraf signigikan 0,000.


References


Enung Fatimah. 2006. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Liffia Adiasih. 2015. Hubungan antara Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Negeri 1 Tarusan. Skripsi (tidak diterbitkan). Padang: BK FIP UNP.

Ratna Dwi Utami. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kesiapan Belajar Siswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Padang: BK FIP UNP.

Santrock. 2003. Adolenscence Perkembangan Remaja. Terjemahan oleh Achmad Chusairi & Juda Damanik. Jakarta: Erlanga

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Lestari. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sri Maslihah. 2011. Studi tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi. Vol 10 No 2. Undip.

Thursan Hakim. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Woro Kusrini & Nanik Prihartanti. 2014. Hubungan Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 15 No 2. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 297 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)