Analisis korelasi pendapatan masyarakat dengan politik uang dalam pemilu

  • September 9, 2023
  • Abstract Views: 0
  • Downloads: 0
  • Page: 190-196
Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara pendapatan masyarakat dengan politik uang dalam pemilu di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan pencarian data yang relevan dengan masalah yang sedang dipelajari, membaca dan menganalisis data yang diperoleh, dan menarik kesimpulan dari hasil analisis data dengan menggunakan metode analisis meta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara pendapatan masyarakat dengan politik uang dalam pemilu di Kecamatan Barus. Masyarakat yang memiliki pendapatan rendah cenderung lebih mudah tergiur dengan uang atau barang yang diberikan oleh kandidat politik. Mereka membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Masyarakat yang memiliki pendapatan rendah kurang memiliki akses informasi tentang politik sehingga mereka lebih mudah dimanipulasi oleh kandidat politik. Penelitian ini memberikan beberapa implikasi. Pertama, perlu ada upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat agar mereka tidak mudah tergiur dengan politik uang. Perlu ada upaya untuk meningkatkan literasi politik masyarakat agar mereka tidak mudah dimanipulasi oleh kandidat politik. Ketiga, perlu ada upaya untuk memperkuat pengawasan terhadap proses pemilihan umum agar politik uang dapat diminimalisir. Diharapkan dengan adanya pendidikan politik pada masyarakat dapat menaggulangi tindakan pencegahan terjadinya politik uang.

Full Text:

References

Adelina, F. (2019). Bentuk-Bentuk Korupsi Politik. Jurnal Legislasi Indonesia, 16(1), 59–75.

Alam, A. S. (2018). Kriminologi Suatu Pengantar. Jakarta: Pernada Media.

Ananingsih, S. W. (2016). Tantangan dalam penanganan Dugaan Praktik Politik Uang Pada Pilkada Serentak 2017. Jurnal: Masalah-Masalah Hukum, 45(1).

Aspinall, E., & Berenschot, W. (n.d.). Democracy for Sale: Pemilihan Umum, Klientelisme, dan Negara di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Bactiar, F. R. (2014). Pemilu Indonesia:Kiblat Negara Demokrasi dari berbagai refresentasi. Jurnal Politik Profetik, 3(1).

Badan Pusat Statistik Tapanuli Tengah. (n.d.). BPS Kabupaten Tapanuli Tengah - Badan Pusat Statistik.

BAWASLU RI. (2019). Bawaslu Rekomendasi PSU Delapan TPS di Tapteng, Dua di Antaranya dengan Catatan.

Boediono. (2002). Pengantar Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Chandra, M. J. A., & Ghafur, J. (2020). Peranan Hukum dalam Mencegah Praktik Politik Uang (Money Politics) dalam Pemilu di Indonesia: Upaya Mewujudkan Pemilu yang Berintegritas. Wajah Hukum, 4(1), 52–66.

Delmanaa, L. P., Zetrab, A., & Koeswarac, H. (2020). Problematika dan Strategi Penanganan Politik uang Pemilu Serentak 2019 di Indonesia. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 1(2).

Fauzia, I. Y., & Riyadi, A. K. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqasid al-Syari’ah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Febrianto, I. W., Widiati, I. A. P., & Suryani, L. P. (2020). Analisis penanganan politik uang ditinjau dari undang-undang pilkada. Jurnal Interpretasi Hukum, 1(2), 110–115.

Fitriani, L. U., & KFenomena, W. (2019). Politik Uang (Money Politic) Pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif di Desa Sandik Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Fenomena Politik Uang (Money Politic) Pada Pemilihan Calon Anggota RESIPROKAL, 1(1).

Gulo, L. R. (2022). Peranan Kelompok Tani terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Padi Sawah di Kelurahan Hutabalang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Universitas Medan Area.

Hartini, N. T. (2017). Pengaruh pdrb per kapita, investasi dan ipm terhadap ketimpangan pendapatan antar daerah di provinsi diy tahun 2011-2015. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(6), 530–539.

Hasibuan, S.J. Kadir, A., & Nasution, M. H. T. (2018). Strategi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018. PERSPEKTIF, 7(1).

Hudri, A. (2020). Badai Politik Uang dalam Demokrasi Lokal. Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing).

Ivanna, J., Pardede, A. J., & Iqbal, M. (2018). Peran Media Cetak dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Di Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences, 1(1).

Kursono. (2019). Manajemen Konflik dan Perubahan Dalam Organisasi. Bandung: Alqaprint Jatinangor.

Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 2(1).

Lukmajati, D. (2016). Praktek Politik Uang Dalam Pemilu Legislative 2014 (Studi kasus di Kabupaten Blora). Poitika, 7(1).

Lumbanraja, P. (2004). Kebijakan Pengembangan Pelabuhan Sibolga Dalam Rangka Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan.

Marli, H. (2018). Integritas Penyelenggaraan Pemilu Dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Di Sumatera Barat Tahun 2015-2017. Universitas Andalas.

Mutahdi, B. (2019). Politik Uang dan New Normal Dalam Pemilu Paska Orde Baru. Jurnal Anti Korupsi Integritas, 5(1).

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Purnama, R. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Pemilihan Umum Kepala Daerah Pada Masyarakat Kecamatan Langensari Kota Banjar Tahun 2018. Jurnal Moderat, 6(20).

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.

Salmaa. (2022). Reduksi Data: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, dan Contohnya. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/reduksi-data-adalah/

Soendari, T. (2012). Metode penelitian deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Sudarmanto, E., Tangerang, U. M., Tjahjana, D., Purba, B., Irdawati, Tjiptadi, D. D., … Manalu, N. V. (2021). Manajemen Konflik. Makassar: Yayasan Kita Menulis.

Sulfiana. (2020). Analisis Dampak Politik Uang Terhadap Nilai-Nilai Demokrasi (Studi Kasus di Desa Rappoala Kec. Tompobulu Kab. Gowa). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Susanti, R. (2021). Politik uang dalam pemilu ditinjau dari perspektif yuridis sosiologis. Lex Renaissance, 6(3), 578–590.

Umam, I. K. (n.d.). Efektivitas operasi tangkap tangan komisi Pemberantasan korupsi dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Usfinit, Y., & Suprojo, A. (2014). Perspektif Partisipasi Politik Masyarakat Pada pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kota Malang. Jurnal Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2).

Utari, I. S. (2016). Pencegahan Politik Uang dan Penyelenggaraan Pilkada yang berkualitas: Sebuah Revitalisasi Ideologi. Journal.Unnes.Ac.Id, 2(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.