Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan pendekatan konstruktivisme

Sabri Sabri(1),
(1) SDN 12 Sungai Liku Kecamatan Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sabri Sabri

DOI : https://doi.org/10.29210/02628jpgi0005

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang Kec. Linggo Sari Baganti . Siswa tidak diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan pengetahuan awalnya dan membangun sendiri pemahamannya. Untuk mengatasinya, peneliti menerapkan Pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang Kec. Linggo Sari Baganti  dengan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan 20 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Analisis data kuantitatif yaitu analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan  pembelajaran dari 84% (baik) menjadi 94%% (sangat baik). Aktivitas guru dari 80% (baik) menjadi 90% (sangat baik), aktivitas siswa dari 75% (cukup) menjadi 85% (baik). Hasil belajar aspek kognitif siswa dari 85% (baik) menjadi 95% (sangat baik), afektif dari 70% (cukup) menjadi 85% (baik), psikomotor dari 80% (baik) menjadi 90% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang Kec. Linggo Sari Baganti

References


Arikunto Suhaimi, dkk. (2008). Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto Suhaimi, dkk. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Cahyo Agus. (2013). Aplikasi teori-teori Belajar Mengajar. Jokjakarta : Diva press.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Hakim Lukmanul. (2012). Perencanaan Pembelajaran.Bandung: CV. Wacana Prima.

Hamalik Oumar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Miles Matthew B, dan Buherman A. Michael . (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Mucthar. (2003). Matematika. Jakarta: Yudisthira.

Muhamad Nur dan Prima Retno Wikandari. (2000). Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Kontrutivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mustaqim Burhan dan Ary Astuti. (2008). Ayo Belajar Matematika. Jakarta : CV Buana Raya.

Purwanto Ngalim. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contexstual theacing and Learning)CTL dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Pujiati, dkk. (2011). Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di SD. Yokyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sabri Sabri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.