Analisis risiko operasional di PT asuransi umum x

ML Denny Tewu(1), Timothy Victory T(2),
(1) Universitas Kristen Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Kristen Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/020221809

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis risiko operasional yang terjadi di management perusahaan. Secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan (KTD) yang diakibatkan oleh tata kelola yang terjadi di perusahaan; (2) menganalisis seberapa besar risiko dari kejadian-kejadian yang tidak dikehendaki; dan (3) melakukan mitigasi untuk menghilangkan atau mengurangi peluang dan dampak risiko. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi dokumen dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu, pertama digunakan teknik analisis data dan tahap kedua rumus perhitungan risiko Dari hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi perusahaan didalam menjalankan operasional perusahaan dengan tata kelola yang baik khususnya dibidang operasional, disamping itu penelitian ini juga selain sebagai kajian akademis juga tentunya untuk masyarakat banyak  sebagai penambahan wawasan apabila menemukan persoalan yang sama dengan ini didalam melakukan proses dalam manajemen risiko perusahaan. Hasil penelitian berdasarkan pendekatan atas 5 pilar dalam Good Corporate Governance (GCG) menunjukkan bahwa ada 5 kejadian yang tidak diharapkan, yaitu: Karyawan tidak paham SOP dan target perusahaan (Transparency), Tidak adanya sistem pengendalian internal yang effective (Accountability), Tidak mengikuti aturan yang ada (Responsibility), Tidak adanya diversifikasi bisnis  (Independency), Belum jelasnya karier path untuk pegawai dengan kinerja bagus (Fairness)

Keywords


PT. Asuransi Umum “X”, Risiko Operasional, Tata Kelola, Manajemen Risiko

References


Agustina, Dwi. (2021). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan Bengkel Auto Dakar Ponorogo. IAIN PONOROGO.

Amanda, Enno Aldea, Budiwibowo, Satrijo, & Amah, Nik. (2017). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 1–12.

Arifudin, Opan, Wahrudin, Udin, & Rusmana, Fenny Damayanti. (2020). Manajemen risiko. Penerbit Widina.

Ekotama, Suryono. (2018). Matinya Perusahaan Gara-gara SOP. Elex Media Komputindo.

Irdawati, Irdawati, Mardia, Mardia, Novela, Vina, Basmar, Edwin, Krisnawati, Astrie, Simarmata, Hengki Mangiring Parulian, Hutabarat, Arnold Sultantio, Manullang, Sardjana Orba, & Kusumadewi, Yessy. (2021). Pengantar Manajemen Risiko Dan Asuransi. Yayasan Kita Menulis.

Ismail, Farida Fitriani, & Sudarmadi, Dedy. (2019). Pengaruh sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal terhadap kinerja karyawan PT. Beton Elemen Persada. Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 1–13.

Negara, Edi Surya, Romindo, Romindo, Tanjung, Rahman, Heriyani, Nofitri, Simarmata, Janner, Jamaludin, Jamaludin, Putra, Tri Andi Eka, Sudarmanto, Eko, Sudarso, Andriasan, & Purba, Bonaraja. (2021). Sistem Informasi Manajemen Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Pardjo, Y. A. P. (2017). Manajemen Risiko Perusahaan. Growing publishing.

Setyaningsih, Ayu, & Handayani, Nur. (2017). Pengaruh Pengendalian Intern dan Locus of Control Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(10).

Taures, Nazila Sofi Istna. (2011). Analisis hubungan antara karakteristik perusahaan dengan pengungkapan risiko.

Wijayani, Veronica Kristi. (2013). Peran Divisi Public Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk DCS Timur Surabaya dalam Mengkomunikasikan Corporate Identity Baru pada Karyawan. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Wulandari, Tri, & Fidiana, Fidiana. (2017). Peranan Audit Internal Terhadap Kepatuhan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada PT X. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(7).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.